Definisi Ilmu Penyiaran & Jenis-Jenisnya

Agustus 7, 2020 by Tidak ada Komentar

Ilmu penyiaran merupkan salah satu proses terbentuknya suaatu ide yang tercipta sampai ide tersebut terealisasikn. Di dalam sebuah proses tersebut terdapat gagasan ide yang berasal dari komunikator dan membentuk sebuha pesan yang akan disampaikan, baik verbaal maupun non verbal. Pesan ini sendiri disampaikan melalui saluran atau sarana komunikasi yaang mampu menjangkau khalayak luas atau “komunikan”.

Terselenggaranya penyiaran ditentukan oleh tiga unsur yaitu studio, transmitter, dan juga pesawat penerima. Ketiga unsur ini disebut juga sebagai trilogi penyiaran. Paduan ketiga hal ini menghasilkan sebuah siaran yang dapat diterima oleh pesawat penerima radio dan juga televisi. Teknik penyiaraan tersebut, terdapat 4 jenis penyiaran yang dibagi sesuai dengan kategori media dan perantaranya. Kali ini kami akan menjelaskan jenis-jenis penyiaran yang wajib kalian ketahui.

Jenis-Jenis Penyiaran yang Perlu Diketahui

1. Penyiaran Analog & Digital

Penyiaran jenis ini merupakan jenis penyiaran yang ada pada televisi. Jenis penyiaran televisi ini sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu digital dan analog. Penyiaran jenis analog dan digital ini juga adapun sebagai berikut.

TV Digital

Jenis penyiaran yang satu ini menggunakan metode diogital yaang disebut televisi digital atau “DTV”. Jenis teknik penyiaran ini merupakan salah satu perkembangan dari jenis penyiaran TV Analog.  Jenis televisi ini menggunakan sistem digital dan klompresi dalam menyiarkan sinyal, gambar, suara, dan pesawat televisi. TV Digital ini digunakan saat menangkap siaran televisi digital.

  • TV Analog

Dan untuk televisi analog ini merupakan salah satu jenis penyiaran televisi yang menggunkan gelombang radi berbentuk tube atau tabung CRT (Chatode Ray Tube) yang sinyalnya akan dipancarkan. Sinyal yang dipaancarkan ini akan berubah menjadi suara dan jug gambar. Televisi ini ditemukan oleh George Carey di tahun 1876.

2. Penyiaran Network

Jenis teknik penyiaraan ini merupakan jenis penyiaran yang menggunakan media ataupun perantara internet lainnya, seperti radio. Radi yang menggunakan media internet yang biasa disebut sebagai internet radio. Layanan berupa suara atau audio ini diresmikan melalui internet. Untuk sekarang ini, seperti terlihat pada media sosial yang menyediakan fitur live streaming, seperti instagram, facebook, hingga youtube yang menyediakan fitur live streaming.

3. Penyiaran Komersial & Komunitas

Untuk jenis penyiaran yang satu ini dibedakannya juga menjadi dua kategori, adapun seperti:

Penyiaran Komersial

Penyiaran yang bersifat komersial ini mengandalkan kehidupan dan pendapatan dari pemasukan iklan. Penyiaran ini sendiri bersifat komersial yaang pada umumnya merupakan penyiaran dari pihat swasta dan bukan negeri.

Penyiaran Komunitas

Penyiaran komunitas ini pada umumnya di bawah suatu lembaga pemerintahan yang sebabnya menyebutkan sebagai Lembaga Penyiaran Komunitas. Lembaga Penyiaran Komunitas ini merupakan suatu lembaga penyiaran yang mampu memberikan pengakuan secara signifikan dan akurat.

Penyiaran Nasional

Penyiaran ini berada di bawah naungan penmerintahan. Oleh  sebabnya penyiaran ini dimiliki atau dibawahi pemerintah dan akses siaran yang mencakup dalam negeri hingga luar negeri. Tujuan penyiaran nasional ini sendiri, adapun seperti memperkuat integrasi Nasional, mampu mengembangkan pendapat publik, mampu memenuhi hk masyarakat, mampu menkokohkan nilai dasar dari demokrasi, mampu mempertahankan keadilan dan juga kebenaran.

Nah itu dia beberapa definisi singkat sebuah penyiaran dan juga jenis-jenis penyiaraan itu sendiri. Semoga dengan artikel ini yang kita perlu ketahui sebagai bahan referensi dan wawasan mengenao penyiaran yang ada.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *